Sabtu, 05 Desember 2015

GURATAN MISTERIUS DI DASAR LAUT: Misteri Kenampakan Muka Bumi (Bagian 1)

    Suatu malam saya lagi kepoin gugel ert (Google Earth), main detektif-detektifan sendiri seperti biasa. Penasaran ama kenampakan dasar laut yang retak-retak, banyak goresan, dan banyak gunung lautnya. Tiba-tiba dikejutkan oleh penampakan aneh dan misterius. Entah bentuknya memang seperti mid ocean ridge di Atlantik Tengah, layaknya jahitan luka yang punya raut-raut bekas tarikan (silahkan lihat gambar karena sulit dijelaskan dengan kata-kata). Tapi yang ini persis seperti jalan yang simetris, ada simpangan, kemudian berbelok. Kemudian karena takut tapi penasaran (jangan-jangan... tapi bukan alien pastinya) saya menghibur diri dan menganggap itu hasil jepretan satelit yang ga merata, jadi seperti hanya fokus pada bagian tertentu. Mungkin juga mengikuti lintasan satelit atau kameranya satelit (atau apalah). Tapi ini bikin saya tidak bisa tidur karena masuk ke dalam list misteri kenampakan muka bumi. Maaf saya tulis ini tidak bermaksud untuk mempengaruhi pikiran pembaca, saya hanya berpendapat.
     Nah, berikut ini guratan dasar laut yang normal karena sesar atau patahan (fault) akibat aktivitas tektonik (gambar diatur brightness dan contrast-nya agar terlihat jelas).

Gambar 1. Guratan normal
(Sumber: Quickbird dari Google Earth dengan brightness+40% dan contrast+20%) 

Gambar 2. Guratan normal
(Sumber: Quickbird dari Google Earth dengan brightness+20% dan contrast+40%) 

Gambar 3. Guratan normal
(Sumber: Quickbird dari Google Earth dengan brightness+40% dan contrast+40%)

     Oke, yang berikut ini guratan dasar laut yang saya tidak masuk akal (tanpa editan).
Gambar 4. Guratan aneh
(Quickbird dari Google earth)

Gambar 5. Guratan aneh
(Quickbird dari Google earth)

Gambar 6. Guratan aneh
(Quickbird dari Google earth)

Gambar 7. Guratan aneh
(Quickbird dari Google earth)

     Oke, mungkin terlalu berlebihan. tapi saya memang penasaran karena alurnya simetris seperti trekkan (jalan) sesuatu. Jadi hipotesis saya ini memang bagian trek yang direkam oleh satelit. Nah, lokasinya ada di timur Filipina, yakni di barat Lekuk Nero (tanda 'X').

Gambar 8. Lokasi TKP
     Lekuk Nero merupakan salah satu lekuk pada Busur Kepulauan Asia Timur.

1 komentar:

  1. saya juga jadi penasaran masbroo...
    jika dilihat gambarnya memang seperti bekas suatu jalan. kalaupun memang iya sebuah jalan pastinya jalan dibuat atau terbentuk ( ada bekas jalur) sesuatu yg melewatinya.dilihat lagi dari jejaknya, sepertinya sesuatu yg lewat tsb meningglkan jejak yg simetris. yg artinya merujuk ke suatu kendaraan lantas kendaraan semacam apa yg mampu melewati dasar laut dan meninggalkan jejaknya?
    secara pribadi saya mempunyai hipotesa, bhwa kendaraan tsb mestinya suatu kendaraan yg sangat berat sehingga bisa meninggalkan jejak yg sangat membekas meski di sapu oleh air laut sekian lama tetap ada, jika melihat ukuran jejknya pastinya kendraan tsb ukurannya super super jumbo sekali. kalau secara teori ilmu perkiraan, hanya paparan seorang kh fahmi basya tentang borobudur saja yg masuk. dimana beliau menemukn satu relief tentang suatu bentuk kendaraan pengeruk dasar laut. namun untuk apa dasar laut dikeruk? ini yg belum tersambung pemikiran saya.

    BalasHapus